Profil Editor Dr. Miko Andi Wardana, S.T., M.Si

Dr. Miko Andi Wardana, S.T., M.Si tertarik terhadap ilmu Manajemen dimulai pada tahun 2020. Pendidikan Editor dimulai pada pendidikan strata 1 di Universitas Muhammadiyah Jember pada Fakultas Teknik Elektro tahun 2000 dan diselesaikan pada tahun 2004. Setelah itu berselang 8 tahun kemudian editor melanjutkan pendidikan strata 2 dikampus yang saya yaitu Universitas Muhammadiyah Jember pada Pasca Sarjana Ilmu Manajemen pada tahun 2012 dan diselesaikan pada tahun 2014. Berikutnya editor berpikir untuk melengkapi pendidikan maka editor berselang 1 tahun melanjutkan Studi Doktor Ilmu Manajemen pada tahun 2015 dan diselesaikan pada tahun 2021. Pengalaman praktisi, Editor pernah bekerja ±17 tahun dibeberapa perusahaan swasta dan BUMN dengan jabatan terakhir sebagai Regional Operation Manager di Bank BTPN, Assiten Manager Pemasaran di Bank BNI Syariah, Branch Manager di Askrindo Syariah, Pemimpin Cabang di BPR Kita Centradana, Area Sales Manager Bank BNI Unit Bancasurance. Namun saat ini Editor memilih untuk fokus mengabdikan diri sebagai Dosen dan aktif mengajar dibeberapa Perguruan Tinggi (Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional, Universitas Terbuka). Editor memiliki kepakaran dibidang Manajemen (Manajemen Pemasaran/Marketing, Pemasaran Strategik) . Dan untuk mewujudkan karir sebagai dosen profesional, Editor pun aktif sebagai peneliti dibidang kepakarannya tersebut. Beberapa penelitian yang telah dilakukan didanai oleh internal perguruan tinggi. Selain peneliti, Editor juga aktif menulis buku dengan harapan dapat memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara yang sangat tercinta ini.

Judul Buku
YOGA MUSIK PAKARANA GAMBELAN DITINJAU DARI STRUKTUR JENIS TABUH SERTA RASA DI SANGGAR MAHA BAJRA SANDHI

Sebuah buku sebagai wujud persembahan kehadapan para guru suci atau bhagawan dalam bidang seni dan para dosen yang pernah memberikan kuliah kepada penulis di Pasca Sarjana Universitas Hindu Indonesia Denpasar. Khusus kepada bapak Prof. Dr. I Wayan Suka Yasa., M.Si yang telah banyak membimbing penulis dan mengarahkan penulis meneliti perguruan Yoga Musik di sanggar Maha Bajra Sandhi ini. Pada kesempatan ini penulis juga menyampaikan rasa terima kasih kepada para para informan yang dimuliakan Ida Pedanda Gde Putra Telabah, kepada informan bapak I Wayan Westa, bapak I Ketut Pradnya, Ida Ayu Nyoman Dyana Pani, bapak I Wayan Sinti, Ida Bagus Arjawa, I Gusti Ngurah Supartama, dan Sanjip Kumar dari Medan. Ucapan terima kasih yang mendalam secara khusus kepada Ida Wayan Oka Granoka yang telah banyak memberikan informasi kepada penulis dengan penuh kesabaran. Kepada Istri tercinta Desak Ketut Dewi yang selalu memberikan doanya, dukungan, dan semangat baik moral maupun material.

ISBN : 978-623-09-0136-2
Terbit : 27 July 2022
PENGEMBANGAN DAN PENGELOLAAN PARIWISATA DI INDONESIA

buku ini diuraikan dalam sebelas bab yang memuat tentang strategi pengembangan kawasan sanur menuju destinasi pariwisata berkelanjutan, pariwisata budaya komodifikasi warisan budaya kampung adat bena sebagai daya tarik wisata Bajawa Kabupaten Ngada Nusa Tenggara Timur, strategi pengembangan kuliner Bali berdasarkan persepsi wisatawan di Ubud Kabupaten Gianyar, peran dan partisipasi penta helix dalam pengembangan pariwisata, strategi penerapan nilai budaya lokal di hotel berbintang di Bali, medical tourism di Bali: potensi dan strategi pengembangan, pengembangan desa wisata budakeling sebagai daya tarik wisata spiritual di kabupaten Karangasem, kepuasan dan loyalitas wisatawan dalam menggunakan Garuda Indonesia cabang Makasar, model pengembangan wisata kota di kawasan Kota Lama Surabaya, pengelolaan daya tarik wisatawan jatihluwih sebagai bagian dari warisan budaya dunia di Kabupaten Tabanan Bali.

ISBN : 978-623-09-1351-8
Terbit : 26 December 2022
KEWIRAUSAHAAN DI INDUSTRI HOSPITALITY: STRATEGI PENGELOLAAN PASCA PANDEMI COVID-19

buku ini diuraikan dalam sepuluh bab yang memuat tentang STRATEGI PENGELOLAAN HOTEL PASCA PANDEMI COVID 19, STRATEGI PEMASARAN VILLA PASCA PANDEMI, PENGELOLAAN GUESTHOUSE, PENGELOLAAN RESORT, PEMASARAN BISNIS TOUR & TRAVEL PADA ERA DIGITAL DAN PASCA PANDEMI COVID 19, STRATEGI PENGELOLAAN USAHA WELLNESS TOURISM DI BALI, PENGELOLAAN RESTORAN, PENGELOLAAN GLAMPING, PENGELOLAAN WISATA BAHARI, dan bab terakhir yaitu KONSEP WISATA EDUKASI BERBASIS KOLABORASI PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF.

ISBN : 978-623-09-1487-4
Terbit : 03 January 2023
PERILAKU KONSUMEN

Penulisan buku ini diuraikan dalam empat belas bab yang memuat tentang konsep perilaku konsumen, segmentasi pasar, motivasi konsumen, kepribadian dan perilaku konsumen, persepsi konsumen, pembelajaran konsumen, pembentuk dan pengubah sikap konsumen, komunikasi dan perilaku konsumen, rujukan dan pengaruh keluarga dalam berperilaku, kelas sosial dalam perilaku konsumen, pengaruh budaya dalam perilaku konsumen, pengaruh promosi dan harga pada konsumen, pengaruh inovasi terhadap perilaku konsumen, dan pengambilan keputusan konsumen.

ISBN : 978-623-09-1788-2
Terbit : 18 January 2023
EVENT MARKETING, E-WOM, CITRA MEREK TERHADAP NIAT BELI: Konsep dan Aplikasi

Kehadiran Buku Event Marketing, E-Wom, Citra Merek Terhadap Niat: Konsep dan Aplikasi disusun oleh Komang Yoga Ade Candra, S.E., M.M. dan Prof. Dr. Ni Nyoman Kerti Yasa, S.E., M.S. Walaupun jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat dijadikan referensi atau bacaan serta rujukan bagi akademisi ataupun para profesional mengenal ilmu Pemasaran/Marketing terkait perilaku konsumen dalam menentukan niat beli yang dipengaruhi oleh event marketing, electronic word of mouth, serta citra merek. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam enam bab yang memuat tentang prolog yang menyampaikan begitu uniknya perilaku konsumen sehingga perlunya dilakukan pengkajian yang mendalam, teori perilaku konsumen yang akan membahas secara mendalam beberapa konsep perilaku konsumen yang didasarkan faktor kebudayaan, faktor sosial, faktor psikologis, teori event marketing, e-WOM (electronic word of mouth), Citra Merek, serta niat beli konsumen beserta beserta pengujian berdasarkan kajian empiris dengan pengujian hipotesis yang dikupas secara komprehensif sehingga memberikan pengetahuan yang mendalam tentang perilaku konsumen yang berfokus pada niat beli.

ISBN : 978-623-09-1885-8
Terbit : 26 January 2023
KAJIAN WISATA BAHARI NUSA LEMBONGAN SEBAGAI TUJUAN UTAMA WISATA BAHARI

Bali memiliki kekayaan sumber laut yang melimpah seperti ekosistem mangrove, terumbu karang, dan biota perairan yang berpotensi untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata bahari yang unggul dan berdaya saing tinggi. Dengan potensi alam bahari di Bali, untuk saat ini referensi terkait wisata bahari masih minim ditemukan. Kondisi ini mendorong penulis untuk menyusun buku dengan judul “Kajian Wisata Bahari Nusa Lembongan Sebagai Tujuan Utama Wisata Bahari”. Substansi buku ini diambil dari hasil penelitian Ni Ketut Ayu Veiry Kurniatini, S.E., M.M. serta dipadukan dengan sumber lain seperti buku, artikel, dan sumber-sumber lain sebagai referensi, juga diperkaya dengan pengalaman penulis dalam melaksanakan penelitian pariwisata khususnya wisata bahari. Buku ini berisi materi dengan kemutakhiran informasi penelitian dan memberikan gambaran kondisi pengembangan wisata bahari di Nusa Lembongan, Bali secara nyata dituangkan sebagai pembanding dengan teori dan konsep yang telah ada. Buku ini diperuntukkan bagi mahasiswa jurusan pariwisata setingkat sarjana atau strata yang lebih tinggi. Selain itu, buku ini juga dapat menjadi referensi bagi para akademisi/praktisi, dosen, peneliti, dan siapa pun yang berminat terhadap kajian wisata bahari dengan harapan dapat menjadi tambahan referensi bagi buku dengan tema sejenis. Penulis sadar bahwa penyusunan buku ini masih jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu, segala bentuk kritik dan saran yang disampaikan oleh pembaca dapat membantu penulis untuk menyempurnakan buku ini. Akhir kata, penulis berharap buku ini dapat bermanfaat dalam mencerdaskan bangsa, terutama bagi insan- insan pariwisata di Indonesia. Secara khusus, penulis berharap buku ini dapat menginspirasi generasi muda Indonesia untuk memperkuat semangat pembangunan di negara yang berbasis kepulauan dan mewujudkan negara Indonesia sebagai negara kepulauan dan maritim.

ISBN : 978-623-09-1950-3
Terbit : 01 February 2023
Manajemen Sumber Daya Manusia

Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam tiga belas bab yang memuat tentang Konsep dasar manajemen sumber daya manusia, fungsi pengelolaan sumber daya manusia, penilaian kinerja, sistem informasi pengelolaan sumber daya manusia, rekrutmen dan seleksi, pelatihan dan pengembangan, perencanan kompensasi, audit riset sumber daya manusia, stuktur organisasi dalam manajemen sumber daya manusia, peran komunikasi dalam manajemen sumber daya manusia, keselamatan dan Kesehatan kerja, pemeliharaan hubungan kerja, dan yang terakhir tentang sistem pemutusan hubungan kerja.

ISBN : 978-623-09-2132-2
Terbit : 14 February 2023
STRATEGI PEMASARAN DAN BISNIS STARTUP

Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam empat belas bab yang memuat tentang perencanaan produk baru, lingkungan yang penuh persaingan, focus kepada konsumen, menetapkan cara bersaing, peningkatan pengaruh teknologi, organisasi pemasaran, strategi pemasaran start up, pengembangan program pemasaran, strategi pemasaran dan bisnis, implementasi dan pengelolaan pemasaran bisnis start up, penentuan segmentasi pasar produk, strategi memasuki pasar produk baru, proses kepuasan konsumen, serta yang terakhir tentang evaluasi dan pengujian proses pemasaran.

ISBN : 978-623-09-2131-5
Terbit : 14 February 2023
NIAT MENGGUNAKAN E-MONEY BERLANDASKAN TRI KAYA PARISUDHA: KONSEP DAN APLIKASI

Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam enam bab yang memuat tentang prolog yang menyampaikan begitu uniknya perilaku konsumen sehingga perlunya dilakukan pengkajian yang mendalam, teori perilaku konsumen yang akan membahas secara mendalam beberapa konsep perilaku konsumen yang didasarkan Theory of Reasoned Action (TRA), Theory of Planned Behavior (TPB), Teori Difusi Inovasi, Technology Acceptance Model (TAM), Persepsi Risiko, Norma Subjektif, Sikap, Sikap Berlandaskan Konsep Kearifan Lokal Tri Kaya Parisudha, dan Niat Menggunakan Kembali berlandaskan Tri Kaya Parisudha (Manacika, Wacika, Kayika) terhadap niat menggunakan kembali e-money beserta pengujian berdasarkan kajian empiris dengan pengujian hipotesis yang dikupas secara komprehensif sehingga memberikan pengetahuan yang mendalam tentang perilaku konsumen yang berfokus pada niat beli.

ISBN : 978-623-09-2570-2
Terbit : 14 March 2023
MANAJEMEN PEMASARAN JASA

Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam dua belas bab yang memuat tentang konsep jasa dan manajemen pemasaran jasa, perkembangan sektor jasa, perilaku konsumen jasa, segmentasi dan penetapan pasar jasa, pemosisian jasa, bauran pemasaran jasa, menyeimbangkan permintaan dan penawaran, membangun hubungan dengan customer, meningkatkan kualitas pelayanan dan produktifitas, menangani keluhan dan memulihkan citra industri di bidang jasa, pemanfaatan pemasaran digital bagi perusahaan jasa, dan dampak finasial dan ekonomi dari penawaran jasa berkualitas.

ISBN : 978-623-09-2562-7
Terbit : 14 March 2023
MANAJEMEN KEUANGAN

Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam empat belas bab yang memuat tentang konsep dasar manajemen keuangan, laporan keuangan dan analisis keuangan, pasar finansial dan perusahaan, pengelolaan modal kerja, keputusan investasi, risiko dalam investasi, efisiensi pasar modal, keputusan pendanaan, pendanaan jangka Panjang, teori opsi (option pricing theory), pendanaan hybrid dan sewa guna, merger dan akuisisi, restruktur permodalan dan reorganisasi dan likuidasi.

ISBN : 978-623-09-2816-1
Terbit : 07 April 2023
KEWIRAUSAHAAN DAN BISNIS

Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam empat belas bab yang memuat tentang konsep-konsep dasar kewirausahaan, proses kewirausahaan, jenis-jenis kewirausahaan, membangun mindset wirausahawan, ide dan peluang usaha, kreatifitas dan inovasi, memulai usaha baru, analisa kelayakan usaha untuk wirausaha, strategi pemasaran, hak kekayaan intelektual, pengantar prinsip etika bisnis dalam entrepreneuship, mengelola tenaga kerja dalam usaha, pengelolaan keuangan dalam kewirausahaan dan kewirausahaan di era digital.

ISBN : 978-623-09-2879-6
Terbit : 01 January 1970
DASAR-DASAR MANAJEMEN

Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam empat belas bab yang memuat tentang pengertian manajemen, sejarah ilmu manajemen, aliran-aliran manajemen, manajemen dan lingkungannya, perkembangan teori ilmu manajemen, pengambilan keputusan, manajemen sumber daya manusia, manajemen strategis dan daya saing strategis, corporate strategic management, manajemen strategis tingkat bisnis, manajemen dan manajer, motivasi dan disiplin kerja, pengembangan sdm dalam perusahaan dan strategi manajemen dalam menciptakan kepuasan kerja.

ISBN : 978-623-09-2878-9
Terbit : 10 April 2023
MANAJEMEN OPERASI PADA PERUSAHAAN

Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam empat belas bab yang memuat tentang manajemen operasional, strategi operasional dan kegiatan operasional, penerapan manajemen operasional, manajemen produksi, kapasitas produksi dan pelayanan, desain proses dan kapasitas, tata letak kegiatan operasional, manajemen kualitas dan standar internasional, pengawasan mutu (quality control), manajemen persediaan, strategi pengelolaan sumber daya manusia operasional, perencanaan dan penjadwalan produksi, manajemen rantai pasok, outsourcing dan system operasional yang ramping.

ISBN : 978-623-09-2933-5
Terbit : 13 April 2023
MANAJEMEN STRATEGIS

praktisi dalam bentuk buku kolaborasi. Walaupun jauh dari kesempurnaan, tetapi kami mengharapkan buku ini dapat dijadikan referensi atau bacaan serta rujukan bagi akademisi ataupun para profesional mengenal Manajemen Strategis. Sistematika penulisan buku ini diuraikan dalam dua belas bab yang memuat tentang manajemen strategis, analisis lingkungan bisnis, analisis industri, visi, misi dan tujuan organisasi dalam manajemen strategis, strategi bersaing, formulasi strategi, implementasi manajemen strategis, evaluasi dan pengembangan strategi, inovasi dan manajemen strategi, etika dan tanggung jawab sosial dalam manajemen strategis, globalisasi dan manajemen strategis, dan manajemen strategis pada organisasi nirlaba.

ISBN : 978-623-09-3179-6
Terbit : 04 May 2023
Anggota IKAPI No. 034/BAI/2022
Jl. Raya Puri Gading Cluster Palm Blok B-8 Kuta Selatan Jimbaran, Badung, Bali
Whatsapp : 081523992440 / 082246052781
Email : infesmedia.penerbit@gmail.com / Infesmedia.penerbitan@gmail.com
Partners